Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

16 Jan

Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan, cara mengobati gangguan pencernaan, obat pencernaan anak, gejala gangguan pencernaan, gangguan pencernaan pada lambung, obat pencernaan untuk dewasa, macam-macam gangguan pencernaan, obat infeksi saluran pencernaan, ciri2 infeksi saluran pencernaan Sistem pencernaan tubuh manusia berupa satu kesatuan untuk menerima makanan atau pun minuman dengan mencernanya menjadi energi dan nutrien, serta mengeluarkan sisa proses pencernaan melalui anus (dubur). Secara realnya adalah sistem pencernaan berfungsi mencerna makananan, memecahnya menjadi molekul nutrisi menjadi lebih kecil, menyerap molekul menuju aliran darah, selanjutnya membersihkan tubuh dari proses juga sisa pencernaan.

Proses pencernaan umumnya di bagi menjadi lima tahapan berikut diantaranya :

○ Injesti : Menyimpan makanan di mulut.

○ Tahapan mekanis : Mastikasi, pemanfaatan gigi dalam merobek dan menghancurkan makanan dan menyalurkannya ke perut.

○ Pencernaan Kimia : Pemberian kimiawi seperti asam, enzim dan air sebagai pemecah molekul besar menjadi substansi yang lebih kecil dan mudah di cerna.

○ Penyerapan : Gerakan nutrisi dari sistem pencernaan ke sistem sirkulasi dan lymphatis melalui penyaringan, transport aktir dan difusi (pelarutan).

○ Pemisahan dan penyingkiran : pemisahan berupa sari-sari makanan yang dapat di cerna dengan ampas melalui defekasi (pembuangan lewat proses BAB).

Gangguan Pencernaan

Gangguan sistem pencernaan yang umum terjadi pada manusia diantaranya diare, konstipasi, maag, tipus, kolera. Selain itu banyak pula gangguannya seperti sakit gigi, sariawan, disfagia, parotitism enteritis, hepatitis serta apendisitis.

Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan

Terdapat banyak cara untuk mengatasi keluhan kesehatan pada sistem pencernaan, salah satunya dengan ramuan tradisional. Hanya dengan memanfaatkan bahan dari alam, anda tidak mesti repot membeli obat-obatan kimia yang di jual bebas di apotik atau toko obat. Keseluruhan bahan ramuan tradisional yang senantiasa dimanfaatkan diantaranya kunyit, jahe, madu dan santan. Bahan-bahan inilah yang bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan sebelum tidur. Selain itu ramuan tradisiona ini juga dapat mencegah asam refluks, mulas dan dapat meningkatkan sistem pencernaan anda.

Manfaat Kunyit 

Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan, cara mengobati gangguan pencernaan, obat pencernaan anak, gejala gangguan pencernaan, gangguan pencernaan pada lambung, obat pencernaan untuk dewasa, macam-macam gangguan pencernaan, obat infeksi saluran pencernaan, ciri2 infeksi saluran pencernaan

Kunyit mempunyai manfaat yang mengesankan dan bersifat obat yang telah terbukti khasiatnya diantaranya sebagai :

■ Meringankan rasa nyeri persendian, dikarenakan memilki sifat anti-inflamasi.

■ Membantu detoksifikasi da dan meningkatkan fungsi kerja hati, mencegah batu empedu.

■ Meningkatkan sirkulasi darah, dan mengencerkan darah.

■ Salah satu obat paling sempurna untuk kanker.

■ Mengatasi gangguan pencernaan, menormalkan saluran pencernaan, dan mengatasi luka atau penyakit kulit seperti borok yang gatal dan budug.

Manfaat bahan kedua yakni santan adalah antimikroba dan kaya akan unsur lemak bagi cadangan energi tubuh.

Manfaat selanjutnya adalah madu, dimana madu tinggi asam amino, enzim, mineral dan vitami yang dapat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan menjadi lebih baik dan mencegah iritasi atau peradangan pada sistem pencernaan.

Resep ramuan tradisional untuk masalah pencernaan

Bahan :

– 2 gelas santan.
– 1 sendok teh kunyit.
–  1/2 rimpang jahe atau satu sendok teh bubuk jahe.
– 1 sendok teh lada hitam.
– Madu alami 1 sendok makan.

Cara penyajian :

  • Ambil wadah dan campurkan bahan tersebut ke dalamnya. Rebus bahan tersebut hingga matang. Setelah itu kurangi panasnya hingga rendah dan biarkan masak selama ± 5 menit. Setelah bahan tersebut masak tambahkan satu sendok madu alami selagi masih hangat. Minum ramuan tersebut sebelum tidur malam hari. Dengan begitu gangguan pencernaan akan teratasi dan menjadikan tubuh menjadi sehat tidak mudah sakit.

Demikian uraian tentang ramuan sederhanana untuk mengatasi masalah pencernaan baik pada anak-anak atau pun orang dewasa. Mudah-mudahan apa yang disampaikan kali ini dapat bermanfaat.

Silahkan di baca artikel menarik lainnya :

Faktor Penyebab Obesitas Pada Pria dan Wanita
Obat Radang Gusi Pasca Operasi Cabut Gigi
Merk Obat Pelangsing yang Aman Di Konsumsi Pria dan Wanita
Salep untuk Luka Bakar Anak dan Dewasa