Pengaruh Makanan Siap Saji Terhadap Obesitas dan Berat Badan

7 Jul

jenis jenis junk food, dampak positif junk food, makalah tentang junk food, manfaat junk food, cara mengurangi konsumsi junk food, kandungan junk food, bahaya junk food bagi anak, bahaya junk food dalam bahasa inggris

Pengaruh makanan siap saji terhadap obesitas dan berat badan justru sangat terikat sekali satu sama lain dan saling berhubungan. Pada kenyataannnya makanan dari segala bentuk mulai dari jenis makanan lunak hingga makanan yang membutuhkan ekstrak keras untuk menggigitnya akan mempengaruhi pada kondisi tubuh termasuk kejadian obesitas dan berat badan berlebihan.

Efektivitas ruang dan waktu khususnya yang tinggal di kota-kota besar dan negara berkembang layaknya banyak sekali kesibukan yang tiada tara menghampiri. Kehidupan di daerah serba modernisasi ini menuntut perkembangan zaman dari mulai segi aktivitas hingga perubahan terhadap jenis makanan salah satunya yang terjadi berupa makanan siap saji.

Sekarang ini zaman serba canggih, orang tidak perlu membuat olahan makanan dalam kurun waktu yang sangat lama sekali. Kini manusia zaman modern hanya perlu duduk manis dan order pesanan makanan via hanphone, maka seketika itu pun makanan yang di pesan akan cepat sampai. Makanan yang dikirimkan dalam waktu singkat itu lebih di kenal sebagai makanan siap saji yang tidak memerlukan waktu lama untuk mengolahnya dan sistem pelayanannya.

Pernyataan sikap tentang adanya pengaruh makanan siap saji terhadap obesitas dan berat badan memang perlu penelitian secara pasti oleh ahli. Hal ini bisa saja terjadi secara nyata dengan bisa di lihat atau dipahami secara kasat mata bahwa kebanyakan kondisi obesitas sebagai akibat asupan kalori makanan dalam jumlah yang berlebihan.

Kondisi berat badan yang terbilang berlebihan sering kali dikaitkan dengan kondisi obesitas, padahal hal ini sangat berbeda jauh sekali sebab kondisi obesitas merupakan perpaduan antara kondisi kelebihan berat badan dan penumpukan lemak di dalam tubuh yang tidak normal. Sementara kondisi kelebihan berat badan tidak hanya dialami oleh kalangan yang obesitas saja, melainkan kalangan bertubuh proporsional pun bisa mengalaminya.

Berat badan proporsional adalah kondisi berat badan yang normal dengan segala kondisi fisik yang terlihat seimbang baik itu terjadi pada kalangan pria atau pun wanita serta termasuk kalangan remaja. Hingga kini masih banyak tata cara pencegahan yang dilakukan sebagai sarana pencegahan kondisi obesitas dari potensi berbagai keluhan dan gangguan kesehatan.

Obesitas merupakan kondisi ketidakseimbangan antara pemasukan kalori dengan pengeluaran kalori tubuh dikarenakan tidak melakukan kegiatan olah fisik secara teratur sehingga memicu penumpukan lemak di dalam tubuh seseorang. Kelebihan berat badan dapat memicu kategori obesitas jika penghitungannya melebihi batas IMT (Indeks Masa Tubuh) dan berat badan yang ideal tentunya harus sesuai tingkat IMTnya.

Obesitas pria dan wanita bisa saja terjadi akibat terlalu berlebihan dalam mengonsumsi sejumlah makanan terhadap tubuh. Bagi yang ingin menyatakan bahwa obesitas bukanlah suatu halangan untuk menggapai apa yang diharapkan sangatlah benar adanya. Akan tetapi jika menginginkan kondisi obesitas alias kelebihan berat badan ingin senantiasa sehat haruslah diimbangi dengan pola hidup sehat dan latihan fisik secara teratur. Jika tubuh melakukan olah fisik secara teratur maka segala macam keluhan kesehatan pun akan sangat sulit menyerang kalangan obesitas.

Ada begitu banyak aneka masakan, makanan, minuman, santapan baik berasal dari luar negeri maupun masakan khas nusantara tersaji sedemikian rupa. Perlu diperhatikan bahwa baik makanan atau pun minuman yang dimasukan ke mulut untuk nantinya di cerna dalam kurun waktu tidak singkat alias cukup lama. Maka dari itu penting akan kesadaran diri bahwa segala macam makanan yang dimasukan ke dalam tubuh secara berlebihan tentunya akan memicu berbagai resiko keluhan kesehatan baik secara fisik atau pun keluhan secara mental.

Kenyataan hidup seseorang tidak terlepas dari yang namanya makanan dan minuman. Padahal segala macam makanan yang di makan semuanya diperuntukan bagi manusia dalam jumlah batas yang normal. Saat kondisi fisik dan mental sedang sehat tentunya apa yang dimakan akan penuh begitu lahap dan seleranya cukup tinggi. Berbeda saat tubuh sedang mengalami sakit dan kesakitan tentu tidak mau mencerna makanan dan kehilangan selera makannya.

Tidak ada yang dipermasalahkan dengan kondisi tubuh obesitas seseorang dan orang yang kurus, namun perlu disadari bahwa memang banyak sekali keluhan kesehatan yang diakibatkan oleh kondisi berat badan berlebih. Misalnya saja orang yang obesitas cenderung mengalami tingkat darah tinggi, kadar gula darah tinggi, penyakit jantung bahkan penyakit sesak nafas.

Faktor-faktor berikut di bawah ini yang mengakibatkan kondisi tubuh berubah menjadi obesitas diantaranya :

■ Faktor keturunan.

■ Faktor asupan kalori dan pengeluaran kalori tidak sesuai sehingga memicu penumpukan sejumlah lemak di dalam tubuh.

■ Faktor akibat dampak yang merugikan dari kegiatan konsumsi obat-obatan tertentu.

■ Memiliki riwayat beberapa penyakit tertentu.

Aneka macam jenis makanan siap saji selalu menggugah selera makan dan selalu siap untuk di lahap ke dalam mulut hingga habis tak tersisa. Makanan siap saji selalu mengandung berbagai jenis lemak termasuk diantaranya asam lemak trans makanan siap saji.

Asam lemak trans makanan siap saji akan berakibat dampak negatif terutama pemicu potensi keluhan kesehatan diantaranya komplikasi penyakit jantung, sesak nafas, tekanan darah tinggi, diabetes melitus dan peningkatan kadar kolesterol cukup tinggi. Sebenarnya lemak itu sendiri memiliki fungsi yang baik bagi tubuh diantaranya untuk membantu melindungi jaringan dan organ tubuh, membantu menormalkan suhu tubuh, membantu proses metabolisme yang nantinya untuk kelancaran sirkulasi tubuh agar tetap sehat.

Apabila tingkat kadar lemak yang di konsumsi secara berlebihan akan malah sebaliknya dengan reaksi membahayakan tubuh dari mulai penyumbatan aliran darah dan pembuluh darah karena terhambat oleh sejumlah asam lemak (kolesterol). Karena kebutuhan asam lemak bagi tubuh itu sangat terbatas, maka sangat perlu disayangkan jika terlalu banyak asupan lemak ke dalam mulut untuk tubuh.

Segala makanan dari mulai makanan biasa hingga makanan siap saji akan mempengaruhi kondisi tubuh dan kelebihan lemak jika tingkat konsumsinya secara berlebihan. Makanan yang serba siap saji yang di kenal dengan Junk Food itu memiliki kadar garam berlebihan, gula tinggi, dan kalori dalam jumlah cukup besar sedangkan untuk nutrisi hariannya sangat rendah. Makanan serba siap saji mengandung sodium, lemak jenuh, dan kolesterol tinggi yang sangat membahayakan kesehatan.

Kalangan remaja khususnya selalu memesan makanan serba siap saji karena beberapa alasan tertentu selain rasanya yang terasa sedap dan menggugah selera tentunya masakan siap saji terbilang mewah dan wajib untuk di coba. Dari mulai makanan siap saji dan minuman siap saji diantaranya donat impor dari luar negeri yang besar sekali, pizza, french fries, humberger, Kentucky dan semua jenis makanan siap saji lainnya. Lain pula dengan minuman serba siap saji dari mulai minuman fermentasi, minuman bersoda, minuman siap saji aneka rasa dari rasa buah hingga rasa sayuran.

Sebagai balasan karena tidak menghiraukan kandungan makanan siap saji diantaranya gula berlebihan, garam berlebihan karena menikmati cita dan rasa yang justru akan memicu potensi gangguan kesehatan. Nah, tahukah anda bahwa jika makanan serba siap saji itu berdasarkan hasil riset pakar kesehatan memicu komplikasi penyakit seperti rematik, asam urat, penyakit degeneratif, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Bukan hanya itu sebagai balasan terhadap konsumsi makanan siap saji secara berlebihan bisa berakibat tumbuhnya tumor, kelenjar, diabetes melitus dan penyakit kronis lainnya.

Di bawah ini beberapa kandungan dari jenis makanan dan minuman siap saji antara lain :

■ Makanan siap saji mengandung sejumlah asam lemak trans berlebihan kecuali jenis minuman susu sangat rendah lemak.

■ Makanan siap saji memiliki kalori lebih banyak dari gula, terkecuali gula tersebut berasal dari buah-buahan dan tanpa tambahan gula lainnya.

■ Makanan siap saji memiliki kandungan kalori cukup tinggi khususnya pada makanan snack (camilan).

■ Makanan junk food atau makanan siap saji memiliki kandungan gula buatan dan kimia yang mana sangat tidak dianjurkan sekali bagi kesehatan. Gula dan pemanis buatan dalam makanan siap saji akan memicu potensi obesitas berlebihan dengan efeknya buruk untuk kesehatan.

Adapun cara yang dapat membantu mengurangi efektivitas buruk dan negatif dari makanan junk food atau makanan siap saji diantaranya :

1.Senantiasa sarapan lebih awal di rumah, sebab makanan yang di buat di rumah sendiri tentunya menyehatkan dan sesuai seleranya masing-masing. Oleh karena itu sebelum beraktivitas baik saat mau belajar atau pun bekerja sebisa mungkin untuk sarapan terlebih dahulu di rumah yang disajikan oleh orang tua atau pun isteri di rumah tentunya perut senantiasa terisi dan tidak mau jajan sembarangan.

2. Selalu melaksanakan olah fisik dengan rutin olah raga secara teratur dan selalu melakukan kegiatan yang bermanfaat dengan meninggalkan kebiasaan bermalas-malasan di rumah.

3. Menurut hasil kajian pakar kesehatan terdapat cara dalam membantu mengurangi selera makan makanan junk food atau makanan siap saji diantaranya dengan meminum banyak cukup air dalam sehari secara teratur.

4. Selalu mengupayakan menjaga berat badan dengan diet sehat dan seimbang diantaranya termasuk konsumsi buah-buahan dan sayuran sehat dan segar yang organik.

5. Senantiasa melakukan pemeriksaan ke ahli medis prihal kondisi obesitas agar memperoleh penyebab dan cara penanganannya secara efektif agar tubuh senantiasa sehat meski pun memiliki kondisi obesitas berlebihan.

Sudah sepantasnya jika ingin melakukan perubahan dengan tidak mau berisiko mengalami keluhan kesehatan, maka latihan fisik secara teratur, pola makan yang seimbang dan diet sehat agar terjalin suatu manfaat memperoleh kondisi fisik yang ideal. Tidak saatnya saling menyalahi antara kondisi fisik obesitas dengan orang yang bertubuh ideal, namun perlu diperhatikan bahwa memang adanya  keterkaitan antara keluhan kesehatan dengan fisik seseorang yang obesitas. Mulai saat ini selalu rutin menjaga pola makan yang sehat dan seimbang dan melaksanakan kegitan olah fisik lainnya.

Informasi dari halaman lainnya :

Cara Pemesanan Slimming Capsule

Produk Alami Green World Global

Pengaruh Makanan Siap Saji Terhadap Obesitas dan Berat Badan