Faktor Penyebab Obesitas Pada Pria dan Wanita

11 Jan

 

penyakit obesitas disebabkan oleh, faktor penyebab obesitas pdf, penyebab obesitas pada anak, makanan penyebab obesitas, cara mengatasi obesitas, gejala obesitas, cara mencegah obesitas, akibat obesitas

Faktor Penyebab Obesitas Pada Pria dan Wanita – Obesitas merupakan akumulasi lemak berlebihan dalam tubuh sehingga menjadikan tubuh melebihi batas ideal. Beberapa komplikasi bisa terjadi yang disebabkan kegemukan (obesitas) antara lain penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kanker serta kematian.

Tidak sebatas dalam intensitas fisik, obesitas pun dapat berakibat pada gangguan psikis (kejiwaa), misalnya mudah stres, depresi dan tidak percaya diri. Gangguan psikis tersebut terjadi akibat dari rasa kurang percaya diri akibat faktor pencitraan diri terhadap situasi yang berubah pada dirinya.

Dalam menilai ukuran berat badan yang tergolong obesitas, maka perlu adanya penghitungan indeks masa tubuh (IMT). Rumus penghitungan IMT berupa satuan kilogram dibagi tinggi badan (m²). Seperti misalnya bila berat badan pria 66 kg dan tingginya 1,66 m, maka cara hitungnya sama dengan 66/(1,65 x 1,65) = 24,2. Hasil tersebut tergolong dalam tipe tubuh ideal sebab termasuk kisaran 18,5 hingga 24,9.

Apabila penhitungan IMT kurang < 18,5 maka  termasuk kategori kurus. Namun, sebaliknya bila hasilnya lebih dari 24,9 maka tergolong obesitas (gemuk). Pria atau wanita tergolong gemuk apabila mempunyai hasil akhir penghitungan berkisar 30-39,9. Kemudian, obesitas ekstream adalah melebihi batas normal di atas 40.

Sejarah Obesitas 

penyakit obesitas disebabkan oleh, faktor penyebab obesitas pdf, penyebab obesitas pada anak, makanan penyebab obesitas, cara mengatasi obesitas, gejala obesitas, cara mencegah obesitas, akibat obesitas
Portret van Gerard Andriesz Bicker

Hippoctrates seorang ilmuan bidang kedokteran dan fisika berkebangsaan Yunani menulis bahwa “Kegemukakan (obesitas) sendiri bukanlah penyakit, namun pertanda dari penyakit lain”. Ahli bedah India Sushruta (abad ke-6 sebelum masehi) menghubungkan kondisi obesitas dengan diabetes dan penyakit jantung. Ia menyarankan aktivitas fisik untuk membantu memulihkan obesitas dan efek sampingnya. Kegemukan bisa didapati pada Abad pertengahan di kalangan pejabat Eropa atau di zaman Renaissance serta peradaban Asia Timur Kuno.

Penyebab obesitas

Obesitas bisa muncul saat pengidap selalu makan makanan berkalori tinggi. Pada dasarnya makanan kaya kalori tidak menjadi gangguan, asal konsumsi tepat berdasarkan aktivitas setiap hari. Bisa diartikan bahwa aktivitas yang menguras banyak tenaga bisa mengkonsumsi lebih kalori. Akan tetapi tidak diimbangi dengan aktivitas apapun energi dari hasil pembakaran kalori akan menumpuk dalam tubuh dan berubah menjadi lemak.

Tidak sebatas pada konsumsi makanan tinggi kalori dan kegiatan fisik terbatas, kegemukan pun dapat disebabakan faktor-faktor di bawah :

■ Komplikasi penyakit tertentu.

■ Efek samping obat-obatan tertentu (obat antidepresan, obat diabetes, obat antiepilepsi dan kortikosteroid).

■ Faktot genetik (keturunan).

Pengobatan Obesitas

Kasus obesitas bisa ditangani oleh diri sendiri melalui asupan obat pelangsing, disiplin pola makan sehat dan seimbang, misalnya konsumsi makanan rendah lemak dan rendah gula, olahraga dengan teratur. Olahraga untuk upaya pengurusan badan banyak macamnya, seperti lari pagi, bersepeda, berenang, badminton dan sebagainya asalkan dilaksanakan secara teratur dan tidak berlebihan.

Demikian ulasan mengenai faktor penyebab dan sejarah obesitas itu berlangsung pada manusia. Mudah-mudahan apa yang disampaikan kali ini dapat bermanfaat bagi pembaca.