Cara Cepat Mengatasi Kegemukan

11 Mar

Cara cepat mengatasi kegemukan,- Gemuk disini bukan hanya pada bagian perut saja, dikategorikan sebagai badan yang gemuk adalah dengan membesarnya ukuran dari perut, bagian paha, lengan atas, hingga kaki bagian bawah yang membuat seseorang yang bertubuh gemuk akan sulit bergerak. Salah satu penyebabnya adalah pola hidup dan gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa upaya yang dilakukan pun akan menjadi sia-sia jika anda tidak mau mengubah kebiasaan buruk anda sehari-hari.

Penyebab kegemukan memang sangatlah beragam, dari pasca melahirkan, karena kandungan lemak yang menumpuk dalam tubuh, hingga faktor genetic yang memang menjadi pacuan bagaimana cara mengatasi dan mengurangi berat badan anda yang diluar batas angka ideal. Selain memang menjadi sangat sulit menemukan pakaian atau bahkan asesoris dan perhiasan yang cocok, gemuk membuat tampilan menjadi lebih tua dibandingkan dengan usianya.

Penyebab Kegemukan (obesitas)

  1. Kekurangan Tiroid
    Kekurangan kadar tiroid akan membuat lemak dalam tubuh sangat susah untuk dicairkan atau dibakar sehingga penumpukan lemak terus terjadi. Kekurangan tiroid dalam tubuh juga berdampak pada nafsu makan yang meningkat apalagi pada jenis makanan yang mengandung kadar lemak tinggi. Peristiwa ini lebih sering dialami oleh wanita yang mengakibatkan pada lambatnya pergerakan metabolisme dalam tubuh.
  2. Kurangnya Asam Lemak Esensial
    Wanita memang cenderung mempunyai masalah dengan kegemukan. Apalagi jika tubuh mengalami kekurangan lemak baik seperti asam lemak esensial penghasil hormon yang berfungsi merawat dan mempertahankan metabolisme dalam tubuh.
  3. Pada Masa Monopouse
    Masa monopouse atau masa sudah tidak menstruasi lagi pada wanita biasanya menurunkan produksi hormon yang dimiliki. Pada sebagian wanita yang sudah monopouse, nafsu makn mereka menjadi meningkat. Hal inilah nantinya berpengaruh pada berat badan yang dimiliki.
  4. Mengalami Gangguan Kartisol
    Peningkatan produksi hormon kartisol berdampak pada meningkatnya penumpukan lemak dalam tubuh khususnya pada bagian perut, wajah atau pundak.
  5. Menggunakan Alat Kontrasepsi
    Wanita yang mengkonsumsi obat kontrasepsi atai pil KB cenderung mengalami kegemukan pada tubuhnya. Hal ini karena adanya pergantian hormon dan juga terjadi peningkatan hormon sehingga berpengaruh pada nafsu makan yang meningkat.
  6. Gula Darah Yang Tidak Seimbang
    Nafsu makan yang meningkat yang tidak terkendali mengakibatkan pada gual darah yang tidak seimbang. Hal ini mengakibatkan berat badan menjadi meningkat. Peningkatan kadar insulin dalam darah membuat seseorang menjadi sering lapar dan selalu berhasrat ingin makan.
  7. Sedang Hamil Atau Menyusui
    Wanita yang sedang hamil atau menyusui biasanya mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Hal ini karena wanita selalu menerima makanan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi wanita itu sendiri sekaligus kebutuhan janin dalam kandungan.

Kegemukan yang dialami tidak selamanya membuat orang merasa nyaman. Oleh sebab itu, ada berbagai cara dilakukan untuk mengembalikan postur badan seperti keadaan sebelum mengalami kegemukan kecuali wanita yang sedang hamil atau menyusui. Wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak memerlukan perawatan khusus karena berat badan akan turun dengan sendirinya ketika proses menyusui nanti. Akan tetapi, untuk kasus kegemukan lainnya diperlukan perawatan agar berat badan bisa kembali normal. Tidak perlu cara ekstrim untuk mengurangi lemak dalam tubuh, karena ada cara mudah mengatasi kegemukan asal dilakukan dengan rutin dan telaten.

Cara Mengatasi Kegemukan (obesitas)

  • Olahraga
    Dengan berolahraga rutin, kegemukan sudah bisa diatasi. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga murah yaitu dengan cara melakukan jogging setiap hari 15 menit. Selain bisa mengurangi berat badan karena kegemukan, jogging juga bisa membuat tubuh menjadi sehat dan segar setiap harinya.
  • Konsumsi Serat
    Cara mudah mengatasi kegemukan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang berserat setiap hari maka akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga secara tidak langsung akan mengurangi nafsu makan dan lebih terkontrol.
  • Konsumsi Protein
    Makanan dengan kandungan protein yang tinggi akan membuat rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan bisa dikurangi.
  • Minum Air Putih
    Air putih bersifat netral dan dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas sehari. Dengan banyak minum, maka akan mengurangi keinginan untuk makan-makanan yang berat dengan kalori yang tinggi.
  • Makan Teratur
    Makan teratur dengan tiga kali sehari dengan porsi yang pas dan terpenuhi nutrisi empat sehat lima sempurna akan menyeimbangkan setiap asupan yang diterima dan tentunya tidak berlebihan.

Mengkonsumsi suplemen penunjang kesehatan tubuh tanpa efek samping menggemukkan tubuh. Ada baiknya mengkonsumsi suplemen herbal yang dapat membantu mengatur nafsu dan pola makan dan membuang lemak dari dalam tubuh