Bahaya Obesitas Pada Anak Usia Sekolah

16 Feb

faktor penyebab obesitas pada anak, pengertian obesitas pada anak, obesitas pada anak balita, obesitas pada anak sekolah dasar, makalah obesitas pada anak, efek obesitas pada anak, mengatasi obesitas pada anak, obesitas pada anak di indonesiaBahaya Obesitas Pada Anak Usia Sekolah – Kekurangan zat gizi pada anak di negeri tercinta ini masih belum teratasi. Di lain sisi, ada banyak masalah yang menimpa bangsa ini salah satunya kasus bahaya obesitas. Sekarang ini banyak siaran berita baik media cetak atau pun elektronik menyiarkan berita akan bahaya obesitas pada anak usia sekolah. Berdasarkan kajian ilmiah para pakar kesehatan memaparkan angka prevalensi anak untuk kasus obesitas mencapai 9,2 persen.

Dokter Laila Hayati, M.Gizi, SpGK dalam acara SOHO #BetterU: Hari Gizi Nasional, menjelaskan, obesitas merupakan penumpukan jaringan lemak berlebihan di dalam tubuh. Masalah kesehatan ini bukan saja terjadi di negara maju, tetapi juga di negara berkembang, termasuk di Indonesia.

Bahaya obesitas pada anak usia sekolah dapat mengancam kesehatan juga pembelajaran anak saat belajar di sekolah. Jadi dalam hal ini penting sekali sebagai seorang pelajar memahami akan baiknya menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Bahaya obesitas pada anak usia sekolah, tentu akan memicu berbagai faktor risiko diantaranya arteri karotis yang tidak normal karena di dalam darahnya terdapat banyak lemak sehingga berpengaruh pada pembuluh darah arteri.

Bahaya obesitas pada anak usia sekolah lainnya seperti hipertensi, diabetes, penyaakit jantung, gangguan pola tidur, masalah organ hati, pola makan, anoreksia, infeksi asma dan kulit serta penyakit kardiovaskular.

Prihal obesitas pada anak usia sekolah sangat mudah di kenali seperti diantaranya bentuk tubuh yang melebihi ukuran normal teman sekolahnya. Adanya akumulasi lemak dalam perut dan are dada anak.

Pola makan yang tidak sehat dan tidak seimbang seringkali salah satu pemicu dari obesitas itu sendiri. Faktor kurangnya aktivitas fisik, ngemil camilan pun sama sebagai pemicu terjadinya obesitas pada anak usia sekolah.

Bahaya obesitas pada anak dapat di cegah dengan senantiasa menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, selalu istirahat yang cukup, olahraga secara teratur. Partisipasi orang tua tentang pentingnya menjaga pola makan adalah hal yang baik. Jadi segera mengadakan perubahan dengan selalu menjaga pola makan yang baik misalnya tidak sarapan pada malam hari, tidak berlebihan dalam menyantap makanan dan batasi ngemil camilan anak anda.

Itulah beberapa bahaya obesitas pada anak usia sekolah yang mesti dipahami oleh semua orang. Mudah-mudahan bahasan yang di buat kali ini dapat bermanfaat.