Penyakit yang Berkaitan dengan Obesitas

penyakit obesitas disebabkan oleh, cara cepat mengatasi kegemukan, penyebab obesitas, bahaya kegemukan pada wanita, gejala obesitas, obesitas pada anak, makalah obesitas, pengobatan obesitas

Bahaya obesitas seakan-akan menghantui dan mengancam mereka kalangan obesitas. Perlu diperhatikan bahwa obesitas akan berdampak positif juga bisa saja negatif bagi kesehatan. Namun, obesitas lebih umum mendekati potensi berbagai penyakit atau masalah kesehatan.

Obesitas sebenarnya kondisi hal yang perlu diperhatikan dengan selalu menjaga pola makan secara teratur dan tidak berlebihan. Senantiasa berolahraga agar mendapatkan hasil yang optimal, terlebih bila di topang dengan diet sehat dan seimbang.

Patut di syukuri atas kondisi tubuh yang telah di anugerahkan oleh Sang Pencipta agar menjalani kehidupan di dunia ini senantiasa sehat fisik, jiwa dan sosial. Penting bagi pria dan wanita untuk makan secara teratur dan tidak berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk sehingga penyakit yang berkaitan dengan obesitas potensinya akan besar sekali.

Berikut beberapa penyakit yang berkaitan dengan obesitas pria dan wanita diantaranya :

Gangguan sistem hormonal tubuh

Obesitas akan merubah kondisi hormonal tubuh menjadi lebih buruk, misalnya ketika periode menstruasi datang lebih awal pada remaja puteri. Sedangkan pada wanita dewasa, bahaya obesitas bisa mengganggu keseimbangan hormon juga gangguan menstruasi yang sama.

Berisiko pada penyakit diabetes melitus tipe 2

Bahaya obesitas lain berupa penyakit ganas diabetes tipe 2 yang selama ini tengah mewabah di masyarakat. Penyakit ini di kenal sebagai gula basah dan gula kering yang secara umum menyerang kalangan lanjut usia. Dengan kondisi seperti ini tentu penyakit yang berkaitan dengan obesitas perlu di tekan dengan langkah-langkah penurunan berat badan secara sempurna.

Mempermudah pertumbuhan sel kanker dan tumor

Dikatakan demikian karena kanker atau tumor ganas bisa saja terjadi secara mendadak akibat penumpukan jaringan lemak. Bermula dari pertumbuhan sel yang normal dan sedikit demi sedikit berubah menjadi berbahaya. Pertumbuhan sel tumor tersebut dikarenakan adanya kendala dalam pembuluh darah akibat akumulasi lemak berlebihan.

Beberapa jenis kanker dan tumor yang bisa saja terjadi akibat obesitas antara lain kanker payudara, kanker usus, kanker rahim, kanker kerongkongan, kanker mulut, kanker pankreas, kanker ginjal dan jenis kanker lainnya.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Penyakit yang berkaitan dengan obesitas lainnya seperti hipertensi dimana terjadi penumpukan lemak dan kolesterol sehingga menimbulkan penyempitan pembuluh darah.

Gejala tekanan darah tinggi yang umum dialami oleh kalangan obesitas seperti mudah pusing, tempramental, merasa pegal-pegal, detak jantung tidak teratur, teliga berdengung dan keletihan.

Gangguan sistem pernafasan

Gangguan sistem pernafasan sangat beragam sebagai akibat dari kondisi obesitas misalnya nyeri dada, asma, paru-paru basah dan kering. Apabila hal ini diacuhkan terlalu lama, maka potensi penyakit sistem pernafasan berpeluang besar.

Gangguan pada mekanisme otak

Tidak salah kata pepatah bahwa banyak makan membuat otak menjadi tumpul. Sangat penting bagi pria dan wanita memahami akan bahaya kelebihan berat badan sebagai alasan dari banyak makan.

Beberapa teori para ahli kesehatan mengemukakan alasan obesitas bisa mengganggu mekanisme fungsi otak seperti :

■ Kecanduan makan atau nafsu makan secara berlebihan.
■ Merubah fungsional sistem kekebalan tubuh menjadi berkurang.
■ Demensia atau penyakit yang erat dengan peradangan pada sistem saraf otak.
■ Diet yoyo yakni diet berputar yang mengakibatkan peningkatan berat badan secara berturut-turut.
■ Mengganggu memori, merasa ingin selalu beristirahat dan enggan untuk bekerja.

Risiko penyakit jantung. Penyakit yang berkaitan dengan obesitas selanjutnya yakni penyakit jantung dan serangan jantung mendadak.

Osteoarthritis

Banyak kalangan obesitas terutama lanjut usia yang mengeluh tentang nyeri pada kaki dan persendian. Dapat di teliti memang wajar karena nyeri persendian sebagai akibat fungsi sendi tidak mampu menopang bobot tubuh secara berlebihan.

Mudah stres dan tempramental

Gangguan kesehatan akibat kondisi obesitas seperti stres dan mudah tempramen. Selain itu, kurang percaya diri memacu prasangka bagi dirinya untuk putus asa.

Itulah beberapa alasan pentingnya untuk mengurangi kondisi tubuh dari obesitas. Perlu pertimbangan yang matang dan upaya yang sesuai agar tidak menimbulkan hal-hal yang patal.

Demikian ulasan tentang beberapa penyakit yang berkaitan dengan obesitas pada pria dan wanita. Mudah-mudahan uraian kali ini dapat bermanfaat bagi semua.