Pengaruh Berat Badan Terhadap Tekanan Darah

hubungan obesitas dengan kejadian penyakit hipertensi, pengaruh berat badan terhadap tekanan darah

Pengaruh berat badan terhadap tekanan darah bisa menjadi salah satu faktot pemicu adanya keterikatan yang benar dan secara nyata. Sebenarnya kondisi obesitas merupakan salah satu kondisi melebihi berat badan relatif pada seseorang sebagai dampak dari adanya ketidakseimbangan antara pemasukan kalori dengan pengeluaran energi dari dalam tubuh.

Obesitas bisa dipengaruhi juga oleh faktor usia, jenis kelamin, tinggi badan dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi dasar utama potensi besar untuk mengalami yang namanya kondisi obesitas alias overweight. Overweight dan obesitas sangat keterikatan dengan adanya peningkatan mordibitas dan mortalitas akibat komplikasi penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dislipidemia, penyakit jantung dan penyakit pada sistem kerja organ ginjal.

Kondisi obesitas ketika masih dalam tahap remaja tentunya akan berdampak obesitas pula ketika usianya menjelang usia dewasa bahkan sampai usia paruh baya pun bisa mengalaminya. Dalam erat kaitannya antara pengaruh berat badan terhadap tekanan darah ini di picu oleh berbagai faktor yang mendasari terjadinya tekanan darah khususnya tekanan darah tinggi.

Tahukah anda bahwa obesitas itu dapat menyebabkakan kolesterol tinggi?

Kolesterol tinggi merupakan keadaaan dimana tingkat kolesterol dalam darah terutama sistem pembuluh darah yang melebihi batas normal.

Lalu apa itu yang dinamakan dengan kolesterol?

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang kebanyakan di buat di organ hati dan sebagian besarnya lagi bersumber dari makanan. Intinya tingkatan lemak yang cukup akan membantu dalam sistem kerja tubuh menjadi lancar dan tidak menimbulkan adanya penumpukan senyawa asam lemak berlebihan yang menyumbat aliran darah. Dengan pengertian ini kita dapat mengetahui bahwa obesitas  merupakan kondisi terakumulasinya lemak yang secara berlebihan bahkan termasuk pula kolesterol tinggi dalam tubuh sehingga bisa berdampak serius pada berbagai keluhan kesehatan khususnya tekanan darah tinggi.

Bagaimana tentang penyebab adanya kolesterol tinggi di dalam tubuh ?

Menurut berbagai catatan sumber kesehatan medis bahwa dijelaskan sudah banyak angka kasus keluhan kesehatan terutama hipertensi yang diakibatkan karena kondisi kelebihan kolesterol di dalam tubuh. Di bawah ini merupakan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya tingkat kolesterol tinggi di dalam tubuh berdasarkan sumber catatan medis antara lain :

■ Aktivitas yang ketergantungan terhadap gaya hidup tidak sehat dengan selalu konsumsi makanan berlemak secara berlebihan. Jenis-jenis makanan yang mengandung banyak sekali lemak diantaranya santan, jeroan, daging, hati ayam atau hati sapi, kulit ayam, tiram, udang, telur dan jenis makanan tergolong berprotein.

■ Ketergantungan pada jenis minuman beralkohol tinggi sehingga menjadikan sistem kekebalan tubuh mudah goyah dan jatuh sakit.

■ Kecanduan merokok. Di dalam rokok itu sendiri adanya senyawa akrolein dimana mampu menghambat aktivitas lemak baik dalam fungsinya mengangkut akumulasi lemak dari dalam pembuluh darah menuju organ hati.

■ Terlalu berlebihan dalam konsumsi senyawa kafein seperti kopi dan teh.

■ Jarang dan sangat sukar sekali dalam olahraga padahal dengan berolahraga tentunya akan bisa membakar lemak secara perlahan-lahan.

■ Faktor yang sangat penting bagi kalangan yang mengalami tingkat kolesterol tinggi merupakan akibat dari kondisi obesitas.

Kolesterol juga dapat memicu produktivitas senyawa asam lemak lainnya seperti halnya trigliserida. Tingginya trigliserida pun dapat memicu jenis penyakit yang berkaitan dengan sistem kerja aliran darah seseorang. Penyebabnya bisa terjadi karena faktor keturunan, genetika, obesitas, aktivitas keseringan konsumsi lemak dalam jumlah besar dan gaya hidup yang tidak sehat.

Dari hal inilah kita bisa memahami bahwa pengaruh berat badan terhadap tekanan darah diakibatkan karena adanya sejumlah aktivitas jaringan lemak yang menghambat pada saluran pembuluh darah yang mengalirkan darah bersama dengan oksigen keseluruh tubuh. Obesitas yang dialami oleh sebagian besar kalangan dewasa dan lanjut usia bisa menjadikan komplikasi penyakit yang cukup parah sekali.

Pada umumnya pengaruh berat badan terhadap tekanan darah akan mulai terjadi ketika usia sudah menginjak paruh baya alias lanjut usia dimana segala fungsi gerak dan fungsi kerja tubuh lainnya akan mengalami penurunan secara bertahap. Oleh karena itu sangat penting bagi kalangan generasi muda untuk selalu menjaga kesehatan agar senantiasa sehat dan sistem daya tahan tubuh tetap terjaga.

Pengaruh berat badan terhadap tekanan darah menurut kajian sumber catatan medis bahwa dijelaskan tentang bagaimana tekanan darah itu terjadi, penyebab dan cara mengatasinya. Hipertensi yang dikenal dengan nama tekanan darah tinggi khususnya pada kalangan usia lanjut menjadikan salah satu sumber keluhan kesehatan yang hingga kini terus menerus ada dan perlu melakukan penangangan sedini mungkin.

Tahukah anda bahwa tekanan darah itu sebenarnya berisiko pada komplikasi lainnya seperti stroke dan serangan jantung?

Hal ini bisa saja dikaitkan antara pengaruh berat badan dengan tekanan darah tinggi sebab sudah dijelaskan sebelumnya bahwa obesitas kerap kali menjadi pemicu tingkat keluhan kesehatan yang patal. Di negara-negara berkembang pesat seperti halnya di negara ini, sudah banyak kalangan masyarakat yang melupakan tentang pemahaman gaya hidup sehat sehingga melalaikan dalam menjaga kesehatan diri masing-masing.

Mengenai hal ini pengaruh berat badan terhadap tekanan darah tinggi bisa saja terjadi sebagai akibat adanya berbagai faktor yang mempengaruhi mulai dari gaya hidup tidak sehat, kurang menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sukar dalam olahraga sebagai langkah pembakaran sejumlah kalori di dalam tubuh.

 

 

Category: Uncategorized