Manfaat Puasa untuk Obesitas

Manfaat Puasa untuk Obesitas – Puasa tidak hanya diperuntukan bagi orang gemuk saja, tetapi semua kalangan juga diharuskan untuk berpuasa bagi yang mampu. Manfaat puasa untuk obesitas memang benar-benar berdampak luar biasa khususnya untuk kesehatan. Selain itu, puasa pun tidak hanya diprioritaskan bagi salah satu agama, melainkan semua agama menganjurkan untuk berpuasa hanya tata caranya yang berbeda.

Berpuasa adalah sarana pelengkap ibadah yang selalu ada dan diharuskan untuk melakasanakannya kecuali bagi mereka yang tidak mampu berpuasa. Sebenarnya manfaat berpuasa sangat banyak baik untuk kesehatan fisik dan psikis.

Berikut beberapa manfaat puasa untuk obesitas dengan diharapkan bisa membantu memelihara kesehatan antara lain :

Detoksifikasi

Manfaat puasa untuk obesitas yang pertama yakni bisa membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun termasuk kolesterol berlebihan dalam tubuh. Obesitas yang berlebihan bisa memicu penimbunan lemak dan toksin sehingga perlu di buang agar tubuh tetap terpelihara dan terawat.

Boleh di Klik >>>> Penyakit yang Berkaitan dengan Obesitas

Menurunkan berat badan

Dengan manfaat puasa untuk obesitas salah satunya bisa menurunkan berat badan baik pria atau pun wanita. Rasa lapar dan dahaga menjadikan tubuh memaksa lemak yang terkumpul banyak untuk dipakai sebagai energi. Alhasil lemak berlebihan dan kolesterol jahat akan di kuras habis.

Menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

Sering berpuasa untuk mendapatkan kesehatan, maka tubuh yang sehat akan senantiasa kuat menjalankan ibadah. Pada dasarnya puasa memang betul-betul menyehatkan, terlebih bisa menurunkan kadar gula darah yang menjadi pemicu penyakit diabetes atau kencing manis.

Membuang kolesterol jahat

Diantara manfaat puasa untuk obesitas yang satu ini bisa membantu membuang kolesterol jahat dalam darah. Dengan demikian, sistem pernafasan akan berjalan lancar dan terbebas dari penyakit jantung dan stroke.

Mengurangi nafsu makan

Memang betul sekali jika manfaat puasa untuk obesitas bisa mengurang nafsu makan. Nafsu makan yang berlebihan dapat memicu penumpukan lemak berlebihan sebagai akibat banyak makan. Manfaat puasa untuk obesitas membentuk gaya hidup yang sehat. Penting selalu untuk membatasi diri dari nafsu makan berlebihan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Pepatah juga mengibaratkan bahwa banyak makan menjadikan otak kita tumpul.

 

Mengistirahatkan sistem pencernaan

Berpuasa akan mengistirahatkan sistem pencernaan walapun proses mekanisme pembuangan akan menurun. Dengan manfaat puasa untuk obesitas bisa menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan energi yang di produksi akan stabil.

Menormalkan tekanan darah

Tingkat normal darah akan stabil jika diupayakan untuk selalu berpuasa dan menahan nafsu makan yang berlebihan. Sebab asupan makanan yang berlebihan akan memicu reaksi tekanan pada darah. Jika menginginkan aliran darah berjalan lancar makan berpuasa bisa menjadi jalan alternatifnya.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat puasa untuk obesitas bisa meningkat sistem kekebalan  tubuh sekaligus membentuk sehat jasmani dan sehat rohani. Makan sahur dan buka puasa dengan buah-buahan yang manis akan meningkatkan proses pencernaan menjadi normal. Jika pencernaan makanan normal maka sistem kekebalan tubuh akan meningkat sempurna.

Meningkatkan fungsi otak

Puasa tidak hanya menyehatkan tetapi bisa juga membantu meningkatkan intelegensi atau IQ. Kadar hormon kortisol yang terus berangsur-angsur menurun menjadikan otak jauh dari tingkat stres dan kebingungan.

Meningkatkan Fungsi Ginjal

Ginjal adalah organ penyaring zat berbahaya dari asupan makanan yang dicerna oleh tubuh. Fungsi ginjal bekerja keras apabila volume cairan termasuk makanan berlebihan di dalamnya. Dengan berpuasa maka fungsi kerja ginjal akan normal karena proses penyaringan hanya sedikit.

Membantu mengurangi rasa nyeri sendi dan pegal-pegal

 

Biasanya obesitas akan menimbulkan nyeri pada persendian akibat bobot berat tubuh berlebihan dan aktivitas yang cukup berat juga. Dengan manfaat puasa untuk obesitas akan meringankan berat tubuh dan melancarkan pergerakan saat beraktivitas.

Demikian ulasan yang membahas tentang manfaat puasa untuk obesitas baik bagi pria atau pun wanita. Mudah-mudahan uraian kali ini bisa memberikan manfaat yang cukup bagi semuanya.

Artikel menarik lainnya tentang bahaya obesitas antara lain :

Penyebab Obesitas dan Terapinya
Pengaruh Obesitas Terhadap Produktivitas Kerja
Bahaya Obesitas pada Manula
Bahaya Obesitas untuk Ibu Mengandung
Bahaya Obesitas untuk Pelajar