Jenis-Jenis Obesitas yang Mesti Diketahui

jenis-jenis obesitas menurut who, jenis jenis obesitas pdf, obesitas abdominal, obesitas gluten, harimau obesitas, obesitas vena, pengertian obesitas menurut who, gejala obesitas

Asupan makanan yang banyak tentunya akan memicu dampak akumulasi lemak dan berat badan juga berpotensi besar pada tingkat kesehatan setiap orang. Berat badan yang berlebihan di kenal sebagai over weight atau obesitas.

Jadi dalam hal ini penting sekali mempelajari tentang jenis-jenis obesitas yang mesti di ketahui sebagai sarana memperoleh informasi positif tentang kesehatan. Pada pengidap over weight atau kelebihan berat badan dari batas normal, maka akumulasi cadangan makanan yang terlalu banyak akan di timbun pada area yang tidak biasa. Hal inilah yang selalu menjadi penyebab keluhan kesehatan terutama pada organ vital seperti jantng, ginjal, hati, pembuluh darah dan fungsi organ lainnya.

Dapat dikatakan bahwa pengidap obesitas lebih besar risikonya terjangkit beberapa penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner, gagal ginjal, stres, tekanan darah tinggi dan sebagainya. Tidak hanya itu akumulasi lemak pun akan memicu penurunan efektivitas dan efisiensi fungsi organ akibat kelelahan. Kebalikan dari kondisi ini adalah kurus dimana berat badan jauh di bawah ideal ± 85 % dari berat normal atau ideal.

Obesitas tidak hanya terpaku pada bobot tubuh yang berlebihan saja, tetapi sebagai orang yang mengerti akan kesehatan tentunya mesti mengenal akan jenis-jenis obesitas yang selama ini masih belum di ketahui. Berikut di bawah terdapat beberapa jenis-jenis obesitas yang mesti di ketahui oleh setiap orang diantaranya :

■ Obesitas Berdasarkan Distribusi Lemak

Permasalahan yang diperparah oleh kelebihan lemak pun dihubungkan dengan distribusi lemak yang dialirkan dalam tubuh. Akumulasi lemak secara berlebihan pada tubuh bagian atas misalnya pada abdomen, dada, lengan, leher dan wajah sangat berbahaya sekali jika dibandingkan dengan akumulasi lemak pada paha, pinggul, dan pantat.

Adapun obesitas yang didasarkan distribusi lemak di bagi menjadi dua kategori antara lain :

○ Kategori Ginoid

Obesitas tipe ginoid di lihat dari akumulasi lemak di bagian bawah seperti perut, panggul, paha, bokong atau pantat. Umumnya kategori ini sering terjadi pada wanita dengan asupan lemak tidak jenuh dan sel-sel lemak yang kecil dan lembek. Dampak dari tipe ini adalah mengalami masalah kesehatan seperti sindrom metabolik.

○ Kategori Android

Obesitas yang selanjutnya dari jenis distribusi lemak adalah tipe android atau tipe buah apel. Bisa diibaratkan seperti buah apel dimana bagian buah yang atas sangat besar sedangkan bagian yang bawah terlihat kecil. Jadi kategori seperti ini berupa penumpukan lemak pada bagian atas yakni area dada, pundak, leher, dan wajah. Obesitas ini secara umum terjadi pada prida atau wanita lanjut usia. Dampak yang ditimbulkan berupa masalah gula darah tubuh (diabetes), penyakit jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi.

■ Obesitas berdasarkan tingkatan

Obesitas setiap orang sangat beragam terkait dengan kelebihan berat badan berbanding berat ideal atau normal. Adapun obesitas berdasarkan tingkatan dibedakan menjadi beberapa bagian diantaranya :

○ Morbid Obesity, kondisi obesitas akibat berat tubuh melebihi 60% dari berat normal dengan potensi besar pada penyakit kardiovaskular, gagal jantung dan kasus kematian.

○ Moderat Obesity adalah tipe obesitas akibat bobot tubuh mencapai 30 hingga 60 % dari berat ideal dengan risiko penyakit yang cukup tinggi.

○ Simple Obesity atau obesitas ringan yang berat badan mencapai 20% dari berat normal tanpa adanya risiko penyakit tertentu.

○ Mild Obesity adalah obesitas yang mencapai 20 atau 30% dari berat ideal dengan risiko penyakit yang sangat minim.

■ Obesitas Berdasarkan Usia Manusia

Obesitas jenis ini sering kali berkaitan dengan usia manusia yang kian hari bertambah, dimana peluang obesitas pun semakin bertambah. Dalam hal ini terdapat beberapa kategori yang umum berdasarkan usia yaitu obesitas saat bayi, obesitas saat anak-anak dan obesitas saat dewasa.

Itulah beberapa ulasan tentang jenis-jenis atau tipe-tipe obesitas yang mesti di ketahui dan dipelajari. Semoga ulasan kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Silahkan kunjungi artikel menarik lainnya :

Obat Infeksi Jamur

Manfaat Ubi Jalar

Makanan Khusus Sembelit