Hubungan Obesitas dengan Peningkatan Asam Urat

23 Aug

Hubungan obesitas dengan peningkatan asam urat selama ini memang menjadi suatu alasan yang cukup kuat dimana kondisi obesitas itu sendiri merupakan gangguan metabolisme yang berdampak banyak pada berbagai aspek gangguan kesehatan termasuk adanya peningkatan kadar asam urat berlebih.

Obesitas tidak hanya memengaruhi sebagian kalangan namun semua kelompok masyarakat, suku, etnis dan juga usia dari mulai usia anak-anak, remaja, wanita hamil pun tidak luput dari kondisi obesitas. Secara umum obesitas adalah bagian dari masalah kesehatan cukup serius dan berkembang pesat seiring perkembangan zaman di era serba modern ini.  Adanya ketidakseimbangan jumlah prevalensi sehingga mengakibatkan jumlah pengidap tekanan darah tinggi, hipertensi, hiperlipidemia dan gangguan metabolisme tubuh lainnya.

Kondisi obesitas bukan hanya dialami oleh sebagian besar kalangan dewasa tetapi anak-anak dan remaja untuk zaman sekarang ini mengalami prevalensi obesitas yang signifikan. Dengan kehadiran jumlah prevalensi obesitas maka kalangan medis senantiasa melayani kesehatan dan pengobatan dalam membantu menekan angka prevalensi penyebab obesitas. Prevalensi itu sendiri merupakan seberapa sering terjadi suatu penyakit pada beberapa kelompok masyarakat.

Berbagai faktor obesitas selalu mempengaruhi salah satunya faktor yang lebih sering adalah genetika atau keturunan dan ketidakseimbangan antara pemasukan kalori dan pengeluaran energi. Tidak hanya itu pola makan yang tidak sehat dan perpaduan dari semua faktor yang sudah disebutkan dapat menjadi pemicu obesitas. Sekarang ini banyak sekali kalangan dari mulai usia kanak-kanak hingga usia dewasa lebih menghabiskan waktu untuk tidak aktif bergerak dalam pengeluaran energi seharian penuh.

Dalam beberapa catatan berita sosial dan media elektronik mau pun media cetak kasus rata-rata anak lebih menghabiskan waktu setiap harinya selama 12 jam sekedar hanya duduk menonton televisi, pergi ke warnet, duduk bermain gadget, video game tanpa bisa bermain di luar untuk aktif bergerak. Apabila semua kalangan baik kalangan anak-anak dan dewasa dibiarkan semacam itu, tentunya masalah kesehatan akan menghampiri tanpa pandang siapa saja.

Dalam erat kaitannya hubungan obesitas dengan peningkatan asam urat secara lebih lanjut dipengaruhi oleh berbagai faktor. Asam urat merupakan produk akhir metabolisme purin pada sistem metabolik manusia. Tingkat serum asam urat anak lebih rendah jika dibandingkan dengan kadar asam urat pada kalangan dewasa yang tergolong paruh baya serta manula.

Dalam hasil riset pakar kesehatan yang dilakukan oleh para ilmuan di Jepang memperoleh hasil bahwa kadar asam urat serum meningkat secara perlahan-lahan bagi mereka yang tergolong dalam kriteria obesitas. Di negara berkembang seperti halnya di negara ini, kondisi peningkatan masalah asam urat berlebih tidak hanya dialami oleh kalangan dewasa namun di usia muda pun dominan mengalaminya, hal tersebut telah di kaji oleh pakar kesehatan melalui analisa dan observasi prevalensi angka obesitas di negara berkembang seperti di Indonesia.

Ada pun berdasarkan hasil penelitian berbagai pakar kesehatan dibidangnya dimana menjadi alasan adanya hubungan obesitas dengan peningkatan asam urat antara lain :

■ Faktor lingkungan

■ Budaya, adat istiadat, pola tindakan sehari-hari.

■ Jenis makanan yang di makan sehari-hari

■ Aktifitas Fisik

■ Obesitas.

Menurut hasil riset kajiannya para pakar kesehatan memperoleh adanya hubungan obesitas dengan peningkatan asam urat paling dominan dan relevan. Hal ini demikian adanya karena di tinjau dari analisa pola makan kalangan remaja cenderung mengonsumsi makanan pemicu tinggi purin secara berlebihan dalam seharinya. Sementara itu kalangan dari berbagai usia yang tidak pernah konsumsi makanan tinggi purin sangat tidak rentan mengalami kondisi penyakit asam urat.

Purin merupakan zat alami yang didapati di dalam semua sel-sel tubuh termasuk tumbuhan dan hewan. Secara umum kadar purin lebih besar pada jenis tumbuhan jika dibandingkan pada manusia dan daging. Dalam ini ada berbagai jenis makanan yang secara umum rentan memicu tingkat kadar purin berlebihan diantaranya sebagai berikut :

■ Makanan laut (Sea Food)

Salah satu jenis makanan yang dapat memicu tinggi purin penyebab asam urat diantaranya makanan laut seperti ikan teri, tiram, kepiting, lobster, ikan asin, sarden, tuna dan jenis makanan dari laut.

■ Semua Jenis Minyak Ikan

■ Makanan tinggi protein dapat memicu purin tinggi diantaranya daging bakar, daging sapi atau kambing, hati sapi dan jenis jeroan misalnya usus sapi, dan bagian jeroan.

■ Beberapa jenis sayur mayur misalnya sayur bayam, kangkung, kacang-kacangan, lalab-lalaban yang tidak dimasak dengan matang.

■ Minuman berkarbonasi dan bersoda dapat memicu kadar purin tinggi penyebab asam urat.

■ Minuman tinggi gula buatan dan minuman ringan lainnya.

■ Beberapa jenis karbohidrat seperti roti, mie instans memang sangat rendah untuk kadar purinnya tetapi jika terus menerus di konsumsi besar kemungkinan purin naik dan asam urat akan terjadi.

■ Efek samping beberapa obat-obatan tertentu penyebab asam urat terjadi dari purin yang berlebihan.

Kita dapat mengetahui bahwa pola makan yang tidak sehat dan tidak seimbang menyebab tidak terkendalinya kadar purin penyebab asam urat terjadi. Maka oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan tidak berlebihan sehingga tidak akan terjadi lagi peningkatan kadar urat di dalam tubuh.

Kesimpulan dalam uraian kali ini hubungan obesitas dengan peningkatan asam urat itu bisa saja terjadi adan fakta benar adanya. Namun kondisi asam urat tidak hanya sekedar dari obesitas saja dan masih banyak yang mempengaruhinya. Dan hasil yang di kaji oleh para pakar kesehatan kondisi asam urat lebih rentan dialami oleh kalangan paruh baya baik pria dan wanita untuk zaman globalisasi sekarang ini.

Demikian informasi mengenai hubungan obesitas dengan peningkatan asam urat. Semoga uraian kali ini membawa manfaat bagi semua para pembaca bahwa obesitas adanya dampak dari gaya hidup tidak sehat dan kurang memahami makna pola makan yang seimbang dan mencukupi.

 

Uncategorized