Pengaruh Obesitas Terhadap Terjadinya Hipertensi Dalam Kehamilan

obesitas pada ibu hamil, makalah obesitas pada ibu hamil, menu makan ibu hamil obesitas, mengurangi berat badan saat hamil, diet ibu hamil dengan obesitas,n dampak psikologis obesitas saat hamil, ibu obesitas melahirkan normal , penanganan obesitas pada ibu hamil

Pengaruh obesitas terhadap terjadinya hipertensi dalam kehamilan – Proses kehamilan pada wanita sebenarnya merupakan salah satu kondisi yang sangat membahayakan sekali terlebih jika terjadi pada wanita hamil yang saat bersalin tekanan darahnya naik. Tekanan darah tinggi yang lebih di kenal sebagai hipertensi dalam dunia medis dimana ketidakseimbangan antara konsumsi kalori dengan pengeluaran energi sebagai akibat kondisi tubuh yang obesitas.

Obesitas merupakan salah satu kondisi kelebihan kalori sehingga sangat diperlukan adanya penurunan kadar kalori tersebut yang besar kemungkinan suatu saat akan mengakibatkan berbagai keluhan kesehatan. Jadi sangat penting bagi seseorang yang sedang hamil untuk selalu mengondisikan tubuhnya dari kondisi obesitas dan pemahaman bahaya obesitas saat hamil.

Kondisi obesitas merupakan ketidakseimbangan kalori dengan kebutuhan energi yang di simpan dalam bentuk lemak. Obesitas itu sendiri sebagai bagian dari penumpukan lemak di tubuh yang secara berlebihan dengan perhitungan IMT (Index Masa Tubuh > 27.0.

Obesitas secara hasil riset telah di kategorikan ke dalam beberapa tipe termasuk diantaranya :

■ Obesitas RIngan. Kelebihan Berat Badan Lebih dari 20-40 %.

■ Obesitas Sedang. Kelebihan Berat Badan 41-100%.

■ Obesitas Berat. Kelebihan Berat Badan > 100%.

Penyebab terjadinya obesitas sangat beragam dan perlu adanya langkah pencegahan lebih awal supaya kondisi obesitas tidak menjadikan suatu alasan dari berbagai keluhan kesehatan. Sekiranya obesitas yang terjadi pada kalangan wanita hamil, tentu akan menjadikan suatu bahaya cukup serius dan memerlukan berbagai langkah pencegahan.

Faktor pemicu obesitas bisa mengakibatkan berbagai keluhan komplikasi kesehatan termasuk diantaranya darah tinggi atau hipertensi, stroke, penyakit jantung koroner, diabetes melitus, diabetes tipe 2 dan berbagai komplikasi penyakit lainnya.

Berbagai pemicu risiko kondisi obesitas yang menjadikan banyak sekali keluhan kesehatan, maka kondisi obesitas itu sendiri diakibatkan oleh berbagai gejala dan faktor pendukung berikut diantaranya :

Faktor Genetik

Faktor genetik merupakan alasan dari kondisi obesitas paling pokok dimana ada banyak berbagai gejala keluhan kesehatan dari faktor ini. Kondisi genetika berasal dari efek pewarisan sifat dan segala yang berkaitan dengan keturunan dengan diwariskan kepada anaknya sehingga anak tersebut lebih cenderung obesitas. Makanan yang di makan termasuk kebiasaan gaya hidup tidak sehat akan mendorong terjadinya berbagai gejala keluhan kesehatan termasuk diantaranya kondisi tekanan darah tinggi.

Lingkungan

Faktor lingkungan merupakan hal yang termasuk pola prilaku gaya hidup tidak baik yang menyangkut dengan hal makanan atau kebersihan dalam seperti mengonsumsi makanan. Karena pada dasarnya makanan yang di makan dengan tidak seimbang akan menimbulkan berbagai infeksi penyakit dari mulai kronis hingga penyakit akut.

Faktor Psikis/Mental

Faktor yang mendasari akan berbagai keluhan kesehatn dari jenis kondisi obesitas baik pada wanita hamil misalnya terlalu banyak stres, ketegangan saat persalinan dan terlalu terbebani dalam mengandung janin yang dikandungnya. Sangat berat aktivitas seorang wanita yang sedang hamil karena disamping harus terbebani dengan berat badannya juga janin yang ia kandung. Maka penting bagi wanita hamil, jika tidak ingin terjadinya suatu kondisi hipertensi dari akibat obesitas, maka perlu adanya pencegahan lebih awal tanpa mengakibatkan bahaya nantinya.

Konsumsi makanan secara berlebihan saat hamil tentu sangatlah tidak dianjurkan, karena bukan didasarkan keinginan alias ngidam dari janin, melainkan dari faktor kesehatan agar senantiasa memperoleh suatu kondisi yang normal dan efektif dalam bersalin.

Faktor Fisik

Faktor fisik merupakan salah satu faktor pendukung lainnya dimana ada banyak sekali berbagai gejala yang sering terjadi akibat obesitas saat hamil. Wanita hamil lebih cenderung hemat daya alias tidak mau beraktivitas sebagaimana orang lain pada umumnya. Walau pun memang benar sekali disarankan untuk tidak berolahraga dan beraktivitas, akan tetapi sangat disayangkan jika enggan aktivitas akan mengakibatkan berbagai gejala keluhan termasuk hipertensi dan sering mengalami pusing.

Pengaruh obesitas terhadap terjadinya hipertensi dalam kehamilan justru akan berdampak buruk terhadap kesehatan baik dalam masa kehamilan atau pun saat sedang dalam persalinan. Tekanan darah yang menjadi suatu alasan yang kuat sebagai akibat kondisi tubuh obesitas ketika hamil.

Berikut di bawah ini beberapa faktor yang menjadikan berbagai gejala dari tekanan darah tinggi yang berkaitan dengan kondisi obesitas antara lain :

Faktor Usia

Faktor yang merupakan faktor dari kondisi terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi saat hamil saat usia sekitar 35-55 tahun. Usia seseorang yang semakin tua, maka perkembangan dan pengaturan metabolisme zat kalsium terganggu. Hal demikian mengakibatkan tubuh bekerja keras untuk mengatur kondisi dan banyaknya zat kapur yang terbawa arus aliran darah. Maka darah yang tadinya berjalan dengan lancar menjadi terhambat karena penumpukkan zat kapur dan mengeras dai aliran darah.

Faktor Keturunan

Sudah tidak perlu diragukan lagi memang kondisi gejala penyakit hipertensi itu sendiri sebagai bagian dari faktor keturunan.

Faktor Etnis

Bukan memojokkan sebelah pihak, dimana kondisi obesitas lebih sering di alami oleh kalangan etnis dari bangsa kulit hitam. Faktor yang mendasarinya hingga saat ini belum di kethaui secara pasti sebab karena semakin di temukan senyawa renin yang sangat rendah dan sensitivitas terhadap vasopressin lebih besar.

Jenis Kelamin

Jenis kelamin pun merupakan sama halnya sebagai faktor penyebab terjadinya kondisi keluhan kesehatan darah tinggi. Usia lebih paruh baya sangat cenderung rentan terserang jenis keluhan kesehatan sakit darah tinggi. Masa premanupause pada wanita paruh baya yang mengakibatkan tekanan darah cenderung naik. Sebelum menupause wanita relative terlindungi dari keluhan hipertensi karena adnaya hormon esterogen.

Faktor Keturanan

Terjadinya hipertensi saat hamil dan saat sedang masa kehamilan lebih besar pada kalangan wanita. Hal yang mendasari kondisi saat hamil tersebut antara lain sebagai berikut :

Gangguan mental dan psikis

Secara umum wanita saat hamil cenderung merasakan stres dan tingkat emosional cukup tinggi, Hubungan sistem saraf parasimpatik akan meningkatkan tekanan darh secara tidak terkendali.

Kondisi Kelebihan Kalori Saat Hamil

Biasanya wanita yang sedang hamil akan lebih sukar menjalankan aktivitasnya, karena memang kondisi yang terbebani dan sangat tidak diperbolehkan sama sekali baik oleh ahli medis atau juga ahli terapi. Jadi sudah sepantasnya bagi wanita hamil harus menjaga berat badan agar selalu mendapatkan keseimbangan gerak dan aktivitas tubuh termasuk kesehatan si buah hati.

Demikian beberapa hal pengaruh obesitas terhadap terjadinya hipertensi saat hamil dan saat persalinan. Penting bagi wanita hamil dengan selalu menjaga kesehatan dari jenis gaya hidup tidak sehat dan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang agar terbebas dari kondisi keluhan kesehatan hipertensi.

Bahaya Obesitas Pada Wanita Hamil