Cara Diet Sehat dan Seimbang

Cara Diet Sehat Seimbang, diet seimbang untuk menurunkan berat badan, makanan seimbang pagi siang malam, pengertian diet seimbang, menu diet seimbang harian, diet seimbang pdf, menu diet gizi seimbang, contoh menu makanan seimbang, resep menu diet

Bahayaobesitas.com – Perpaduan makanan yang tidak tepat dapat mengakibatkan proses pencernaan tidak lancar, terjadinya penumpukan lemak diusus dan sistem kerja tubuh lainnya tidak berfungsi secara optimal.

Bermula dari pentingnya pemahaman diri akan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Tak hanya itu, durasi pencernaan makanan berkaitan dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Dengan mengambil gaya hidup sehat dengan mempunyai tubuh ideal, maka dapat dilakukan dengan metode seperti di bawah.

  • Jeda Waktu

Setiap makanan memerlukan waktu cerna yang tepat. Berikut adalah jeda waktu yang sesuai berdasarkan makanan yang dicerna.

  1. Makanan berprotein 3 jam sesudah memakan makanan berkarbohidrat.
  2. Makanan berat (berkarbohidrat) 2 jam setelah konsumsi buah.
  3. 4 jam boleh konsumsi makanan berkarbohidrat seusai makanan protein.
  • Mengkonsumsi Buah Lebih Awal

Buah-buahan memerlukan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh. Seperti halnya jika memakan buah sehabis makan makanan berat, maka akan terjadi pengendapan gula buah di dalam perut dan terfermentasi yang memicu timbulnya pengendapan lemak.

  • Tidak Mengkonsumsi Protein dan Karbohidrat Bersamaan

Secara bersamaan dalam memakan makanan berkarbohidrat dengan protein dapat memproduksi enzim yang saling membatalkan efek satu sama lain. Sehingga menjadikan makanan di perut akan tertunda lama dalam pencernaannya yang menimbulkan fermentasi pada usus.

Dalam hal ini, sebaiknya menggabungkan protein dengan sayuran hijau, wortel dan sayuran bebas kalori. Bahkan dapat pula dikonsumsi dengan protein nabati, misalnya tempe dan tahu.

  • Mengkonsumsi Sayuran Hijau Lebih Banyak

Sayuran hijau seutuhnya terdapat banyak vitamin dan zat gizi lainnya misalnya asam amino atau pembangun blok-blok protein, vitamin B, mineral, serta serat seimbang. Sayuran dapat dipadukan dengan bahan makanan lainnya.

  • Memperbanyak Cairan Tubuh

Banyak sekali cara alternatif dalam upaya membangun program diet yang sehat dan seimbang. Salah satunya dengan memperbanyak cairan tubuh. Artinya sering-seringlah minum air putih minimal 8 gelas perhari.

Sesering mungkin mengkonsumsi air teh alami, baik itu teh hitam, teh hijau dapat membantu menjalankan program diet sehat dan seimbang.


Cara Diet Sehat dan Seimbang