Bahaya Obesitas Pada Wanita Hamil

obesitas dalam kehamilan, kehamilan pada wanita obesitas, menu makan ibu hamil obesitas, obesitas pada ibu hamil pdf, makalah obesitas pada ibu hamil, diet ibu hamil dengan obesitas, mengurangi berat badan saat hamil, dampak psikologis obesitas

Obesitas atau over weight ketika sedang hamil tentu sangat merepotkan. Terlebih kondisi tersebut akan diperparah dengan berbagai keluhan kesehatan saat masa kehamilan. Penting sekali bagi sang ibu untuk menjaga kesehatannya dengan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang. Bukan alasan untuk jangan terlalu banyak makan, tetapi hal ini dimaksudkan untuk menjaga berat badan sang ibu agar tetap normal.

Dengan memiliki bobot berat tubuh yang melebihi batas normal, maka risiko bahaya obesitas pada wanita hamil berpeluang besar. Jika berat badan berlebihan saat hamil maka akan menekan sistem pembuluh darah yang berpotensi pada tekanan darah tinggi, masalah jantung, hingga komplikasi lanjut seperti diabetes saat hamil. Tidak menutup kemungkinan sang janin juga akan memperoleh dampak buruk dari keluhan kesehatan yang diderita ibunya.

Beberapa bahaya obesitas pada wanita hamil yang mesti di ketahui dan di cegah sedini mungkin diantaranya :

■ Preeklampsia. Keluhan kesehatan dirasakan adalah tekanan darah tinggi, kaki dan tangan bengkak sehingga terjadi kendala aliran darah yang menuju janin.

■ Diabetes gestasional. Ditandai dengan ketinggian kadar gula darah dalam tubuh sehingga perlu diwaspadai secepatnya.

■ Tidak hanya itu risiko bahaya obesitas pada wanita hamil diantaranya keguguran, operasi caesar, infeksi, gangguan jantung, sesak nafas.

Riset menunjukan adanya keterkaitan antara penyakit diabetes gestational dengan bahaya obesitas pada wanita hamil. Saat wanita hamil konsumsi makanan di goreng, tentunya terjadi perubahan negatif seperti asam lemak tak jenuh dan peningkatan asam lemak trans. Hal demikian tentunya sangat membahayakan sang ibu dan janin berupa lahir bayi lahir kuning, keguguran dan mewariskan diabetes.

Seperti disampaikan pakar gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Endang L. Achadi bahwa wanita hamil seharusnya tidak boleh gemuk dan tidak terlalu kurus karena kalau gemuk, bayinya akan berisiko gemuk dan diabetes.

Bahaya obesitas pada wanita hamil dapat mengganggu pertumbuhan normal janin, akibat terganggunya aktivitas metabolik atau hormon dalam tubuh. Bukan tidak berarti ibu hamil untuk sedikit makan, sekali lagi penting untuk menambah asupan kalori dalam menu sehari-hari yang cukup dan seimbang. Pilihlah makanan kaya serat, vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan stamina atau tenaga saat masa kehamilan. Senantiasa olahraga secara teratur dan ringan misalnya berenang, yoga dan sebagainya. Tidak lupa untuk istirahat yang cukup dan kurangi tingkat bad mood, karena berpengaruh pada janin.