Bahaya Obesitas Pada Lansia

bahaya kegemukan pada wanita, dampak obesitas bagi kesehatan, cara cepat mengatasi kegemukan, dampak obesitas pdf, akibat obesitas pada wanita, akibat obesitas pada anak, dampak obesitas pada wanita, bahaya obesitas pada anak

Bahaya Obesitas Pada Lansia – Kita tahu bahwa lansia atau lanjut usia merupakan kalangan yang memerlukan perawatan cukup layak oleh generasi muda. Sudah saatnya untuk membalas budi atas kasih sayang mereka semenjak kecil hingga besar sekarang ini.

Berjalan dengan penuh rasa kaku, nyeri, dan gejala lainnya sering kali mereka rasakan. Tetapi hal demikian, bukan berarti berbagai keluhan kesehatan diakibatkan oleh faktor usia, melainkan ada pemicu lainnya yang perlu diketahui seperti halnya bahaya obesitas pada lansia.

Silahkan Klik =>>> Obesitas Pada Wanita Hamil

Bahaya obesitas pada lansia kerap kali menimbulkan masalah pada kesehatan seperti yang umum dialami berupa nyeri kaki, pegal-pegal, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, penyakit jantung koroner, penyakit ginjal  dan keluhan lainnya. Hal itu memang benar adanya sebab beberapa kasus keluhan kesehatan pada lanjut usia sebagian besar akibat kelebihan berat badan atau obesitas.

Beberapa kalangan lanjut usia yang tidak tergolong obesitas, tidak menutup kemungkinan bahwa dirinya bisa saja memperoleh penyakit. Dalam hal ini penting bagi kalangan lanjut usia untuk selalu menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, kurangi asupan makanan banyak garam, hal itu dapat memicu lansia mengalami tekanan darah tinggi. Selain itu, bagi kalangan lanjut usia untuk selalu tidur tepat waktu dan tidak dianjurkan begadang hingga larut malam.

Perlu diketahui pula bahwa memang obesitas akan meningkat seiring pertambahan umur seseorang. Selain itu bahaya obesitas pada lansia tentub berkaitan dengan penimbunan lemak pada perut atau tubuh.

Lemak viseral pada perut termasuk tipe lemak yang paling berbahaya, akumulasi lemak viseral di dalam tubuh dapat mengeluarkan senyawa peradangan dan hormon pengganggu metabolisme. Senyawa peradangan sangat banyak dan di kenal sebagai sitokin yang menjadikan peradangan ringan dalam tubuh sebagai pemicu penyakit jantung.

Seorang pria dewasa atau pun lanjut usia dikatakan obesitas perut jika lingkar pinggangnya melebihi 90 cm dan untuk wanita di atas 80 cm.

Bahaya obesitas pada lansia selanjutnya adalah dikeluarkannya asam lemak bebas. Asam lemak bebas tersebut masuk dalam hati dan berpotensi pada perubahan berupa peningkatan produksi kolesterol jahat dan penurunan kolesterol baik. Kemudian, asam lemak inilah pemicu insulin tidak bekerja optimal dalam mengontrol gula darah dan meningkatkan risiko diabetes.

Demikian beberapa bahaya obesitas pada lansia yang patut diwaspadai. Semoga bahan ulasan kali ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian.


Posted By : Bahaya Obesitas